Selasa, 24 Maret 2015

Modul SMP, Mendengarkan Teks Berita

Mendengarkan Pembacaan Teks Berita

Hal terpenting saat mendengarkan pembacaan sebuah teks berita adalah dapat menemukan isi pokok berita sebagai isu utamanya. Apabila belum ditemukan isi pokok berita, berarti kamu belum berhasil dalam menemukan informasi penting dalam berita tersebut.

Tutuplah buku ini dan dengarkan pembacaan contoh teks berita berikut

Berdoa Bersama demi Keselamatan Bangsa

Semarang - Sabtu (4/8) malam, pelataran hingga bukit Vihara Gunung Kaling bertaburan cahaya ribuan lilin. Pelita kecil tersebut dinyalakan bersama oleh ratusan pemuda Buddhayana tatkala delapan pelita besar secara simbolis dinyalakan oleh bikhu-bikhu Majelis Buddhayana Indonesia (MBI), Sangha Agung Indonesia (SAI), Muspida Provinsi, Plt Bupati Semarang, dan panitia kegiatan ritual Sejuta Pelita Sejuta Harapan (SPSH). Kegiatan ini semakin meriah karena diikuti sedikitnya 3.000 umat Buddha se-Jateng.
Ketua panitia Hariyono yang juga Wakil Ketua III MBI Jateng menjelaskan, ritual SPSH ini dalam rangka memperingati Hari Asadha (yang digelar serentak di Indonesia) dan HUT ke-52 MBI. “Bangsa ini sedang dirundung berbagai musibah. Atas dasar keprihatinan itulah MBI mengambil inisiatif untuk mengadakan ritual SPSH. Doa bersama ini semoga menuntaskan permasalahan bangsa yang bertubi-tubi,” papar Hariyono.
Persembahan 80.000 pelita tersebut sebagai ungkapan bakti umat Buddha kepada Sang Tri Ratna. Pelita sebagai simbol penerang dan pengorbanan untuk sesama yang berdasar cinta kasih universal. Sejuta pelita tersebut adalah lambang cahaya untuk melenyapkan kemalangan yang menimpa bangsa Indonesia. Sebelum dilakukan penyalaan sejuta pelita, panitiamengambil sumber api abadi dari Mrapen, Grobogan. Kebersamaan bangsa juga terlihat dari ritual ini karena SPSH dihadiri perwakilan Majelis Ulama Indonesia (MUI), Konferensi Wali Gereja Indonesia (KWI), Persatuan Gerejagereja Indonesia (PGI), dan Majelis Agama Konghucu Indonesia (Makin).
Saat menyimak pembacaan berita yang dilakukan teman, siapkan alat tulis untuk mencatat isu-isu yang muncul dalam berita tersebut dan tuliskan sebagai isi pokok berita. Gunakan tabel di bawah ini untuk mengerjakan!



Mengenali Isi Berita Berpedoman pada Kata Tanya 5 W 1 H

Sebuah berita biasanya ditulis dengan berpedoman pada kata Bantu tanya 5 W + 1 H (what, were, when, who, why, how). Kata bantu tanya itu menanyakan apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana. Amati dan cermatilah berita-berita yang disiarkan di televisi, radio, atau yang ditulis di surat kabar. Siaran atau tulisan isi berita itu pada garis besarnya merupakan jawaban atas pertanyaan (5W + 1 H).

Latihan
Berdasarkan unsur berita (5W + 1 H) yang telah kamu pelajari, coba tulislah kembali isi teks berita berikut ini! Gunakan pilihan kata-katamu sendiri, lalu tukarkan hasil pekerjaanmu dengan teman sebangku! Bergantianlah memberi koreksi!


Putin Kunjungi Indonesia

Presiden Rusia Vladimir Putin akan mengunjungi Indonesia, Australia, dan Uni Emirat Arab, yang dijadwalkan berlangsung pekan depan. Pihak Kremlin di Moskwa, Jumat (31/8), mengemukakan, Putin akan berada di Jakarta pada tanggal 6 September, kemudian menuju Sydney, Australia, untuk pertemuan bilateral dengan para pemimpin Australia dan dua hari menghadiri pertemuan puncak dengan 21 kepala negara dari kelompok APEC.
Dari Australia, Presiden Rusia akan mengunjungi Uni Emirat Arab pada tanggal 10 September dalam perjalanan pulangnya ke Moskwa. APEC adalah sebuah kelompok ekonomi yang beranggotakan sebagian besar negara di kawasan Asia Pasifik, antara lain Australia, Kanada, Cile, China, Jepang, Rusia, Korea Selatan, Amerika Serikat, dan Indonesia.
(Sumber: www.kompas.com, Sabtu, 1 September 2007)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar