Rabu, 25 Maret 2015

Metode Inkuiri Kompetitif 5

Tahap Kesadaran
Masyarakat tidak dapat mendukung kecuali masyarakat menyadari pentingnya apa yang dianjarkan, dalam hal ini kasus Pembelajaran berbasis penyelidikan. Hal ini sangat penting untuk membuat orang tua dan orang lain mengetahui bagaimana pendekatan terhadap pendidikan yang lebih sesuai dengan kebutuhan masyarakat modern. Sementara bagian penting dalam meningkatkan kesadaran masyarakat, guru memiliki kontribusi yang sangat penting dalam membuat dan menjangkau orang tua dan anggota penting masyarakat lainnya.
Materi dan metode yang Anda kembangkan pada tahap ini harus berkonsentrasi untuk membawa kesadaran kepada anggota masyarakat tentang pentingnya Pembelajaran berbasis penyelidikan. Anda dapat membantu anggota masyarakat memahami bagaimana para siswa akan mengembangkan keahlian dan komitmen untuk terus belajar. Anda dapat memberikan anggota masyarakat contoh-contoh praktis dari jenis keterampilan dan pemahaman tentang bagaimana mereka menerjemahkan ke dalam situasi kehidupan nyata.
Cara yang baik untuk menghubungi anggota masyarakat adalah melalui newsletter sekolah, dan catatan untuk orang tua dari guru..

Kesediaan untuk melakukan Tahapan
Pada tahap ini, anggota masyarakat telah mulai mengungkapkan minat untuk mengetahui lebih banyak dan menjadi sedikit lebih terlibat. Pada tahap ini, idenya adalah untuk mulai memberi contoh-contoh jenis tugas yang siswa lakukan. Anda bahkan bisa merancang beberapa kegiatan yang difokuskan pada penyelidikan belajar bahwa orang tua dan anak mereka dapat mengambil bagian dalam kegiatan secara bersama-sama. Tugas yang dilakukan akan membutuhkan kinerja yang baik antara anak dan masukan orangtua untuk menyelesaikannya. (Ingatlah untuk tidak memegangkan sepenuhnya bertanggung jawab sepenuhnya pada anak jika orangtua menanggapi positif terhadap tugas tertentu). Jauhkan dan terus mendorong agar meyakinkan orang tua kunci untuk membantu.

Tahap Komitmen
Pada tahap komitmen, orang tua banyak mengeluarkan biaya dan bersedia untuk membantu dan menjadi pendukung untuk program ini. Di sini mereka akan memerlukan nasihat dan saran konkret tentang apa yang harus dilakukan dan bagaimana melakukan sesuatu. Memiliki badan selain sekolah di masyarakat yang dapat menjelaskan pentingnya program Pembelajaran berbasis penyelidikan yang dapat menjelas program guru dan sekolah yang ingin dicapai merupakan hal yang sangat menguntungkan. Orang tua mendapatkan informasi tentang Pembelajaran berbasis penyelidikan dengan mudah dari lembaga berpengaruh di masyarakat, seperti politisi, surat kabar, bisnis, radio, televisi, dan sumber lainnya.
Berikut adalah beberapa contoh hal yang dapat dilakukan lembaga sekolah untuk menginformasikan masyarakat tentang:
·         Informasi tentang karakteristik efektif kegiatan Pembelajaran berbasis penyelidikan.
·         Belajar bersama dengan anak-anak mereka melalui buku menggunakan, TV, hobi belajar seperti membaca klub, mengumpulkan batu dan serangga, dan studi historis.
·         Mengunjungi museum, kebun binatang, akuarium, dan situs sejarah dengan anak-anak mereka.
·         Menyadari kualitas program-program televisi seperti Discovery Channel, History Channel, dan lain-lain.
·         Mendorong anak-anak mereka untuk membaca dan berlangganan berbagai publikasi dan jurnal yang menerbitkan banyak ilmu pengetahuan.
·         Monitoring dan mendukung kemajuan anak-anak di rumah.
·         Sukarela untuk menjadi pembicara, mentor pelajar, atau mentor guru.
·         Mendorong organisasi sipil penting dalam masyarakat untuk mengambil sikap yang kuat dalam mendukung penyelidikan pembelajaran.
·         Menginformasikan dan mendorong para pemimpin politik lokal untuk mengambil posisi yang kuat pada dukungan Pembelajaran berbasis penyelidikan.
·         Membuat program-program yang mengakui prestasi yang luar biasa dari para siswa dan guru dalam Pembelajaran berbasis penyelidikan.
·         Membangun kontak dan mendapatkan komitmen dari media lokal untuk mempublikasikan dan mengakui prestasi yang luar biasa.
·         Bagaimana teknologi digunakan dengan Pembelajaran berbasis penyelidikan?
·         Teknologi dapat menjadi bagian penting dari pembelajaran berbasis penelitian, karena begitu banyak teknologi informasi saat ini ditujukan untuk menjawab pertanyaan dan memberikan informasi up-to-date. Teknologi baru seperti interaksi CD-ROM dan Internet, yang membantu siswa terlibat dalam penyelidikan.
·         Sebagaimana disebutkan di atas, beberapa sumber informasi - buku, majalah, internet, dan teknologi lainnya - merupakan bagian penting dari kelas penyelidikan.
·         Ketika siswa memiliki pertanyaan bahwa guru tidak bisa menjawab atau yang memerlukan pengumpulan banyak sudut pandang atau jenis data, penggunaan teknologi dapat menjadi sangat penting. Dalam Pembelajaran berbasis penyelidikan teknologi yang tersedia untuk membantu siswa mengembangkan pengolahan informasi mereka dan keterampilan analisis. Dalam pekerjaan mereka, siswa juga akan sering menggunakan Internet atau CD-ROM program untuk menemukan informasi yang mereka butuhkan.
·         Guru tidak begitu banyak fokus pada bagaimana menggunakan teknologi tertentu tetapi pada keterampilan dasar yang memungkinkan siswa untuk belajar beradaptasi dengan teknologi baru dan mentransfer keterampilan yang ada dari satu jenis teknologi yang lain.
·         Untuk rekap, prinsip-prinsip kunci dari pembelajaran penyelidikan tercantum di bawah ini. Anda dapat menggunakannya untuk memandu pembuatan rencana fasilitasi Anda penyelidikan.
·         Semua kegiatan belajar harus berfokus pada keterampilan menggunakan proses informasi (dari pengamatan untuk sintesis) dan pengetahuan tertentu untuk menerapkan aturan-aturan dasar sebagai sarana untuk belajar materi dan mengatur konseptual dalam konteks yang luas.
·         Inquiry menempatkan peserta didik, belajar di pusat dari proses belajar yang aktif, dan unsur-unsur sistemik (guru, sumber daya instruksional, teknologi, dan sebagainya) disusun atau disesuaikan untuk mendukung pelajar.

Prinsip Pembelajaran Kompetitif berbasisis penyelidikan
Peran guru hanya menfasilitasi proses pembelajaran. Guru juga menjadi seorang pelajar dengan mencari tahu lebih lanjut tentang para pelajar dan proses pembelajaran penyelidikan.
Oleh karena itu, Guru lebih menekankan pada menilai pengembangan keterampilan proses mencari informasi, dipupuk kebiasaan berpikir, atau aturan dasar tentang ilmu pengetahuan tertentu, dan pemahaman konseptual - bukan hanya materi dari suatu mata pelajaran tertentu.
Rencanakan fasilitas apa saja yang dibutuhkan untuk pembelajaran berbasis penyelidikan Ada beberapa alasan bahwa rencana menfasilitasi kegiatan belajar lebih cocok untuk pembelajaran berbasis penyelidikan dari pada rencana pembelajaran tradisional. Sebuah rencana menfasilitasi kegiatan belajar memberikan arahan umum yang akan memungkinkan peserta didik baik individu dan kelas untuk mencapai tujuan yang ditetapkan, tanpa metode kunci dan langkah untuk setiap individu pembelajaran tidak akan berhasil sempurna. Proses pemberian panduan hanya memberikan arahan tetapi tidak menentukan "satu jalan" dan dengan demikian memberikan kreativitas dan tanggung jawab individu.
Rencana fasilitasi yang tepat memungkinkan fasilitator (Anda) untuk merencanakan ke depan dan mempersiapkan diri untuk banyak tantangan dan perangkap yang mungkin muncul di sepanjang alur pembelajaran. Perlu diketahui bahwa fokus penelitian pembelajaran adalah "bagaimana cara kita untuk tahu" dan alat-alat penting untuk mewujudkan hal ini. Fasilitator akan menetapkan harapan para siswa dan diperlukan untuk membantu pelajar terus fokus pada pengembangan informasi dari suatu pengetahuan. Ingat bahwa belajar pertanyaan memiliki fokus yang pasti dan tidak harus dilihat sebagai pelajar hanya melakukan apa yang ingin mereka lakukan.

Artikel Terkait :
  1. Metode Inkuiri Kompetitif 6
  2. Metode Inkuiri Kompetitif 5
  3. Metode Inkuiri Kompetitif 4
  4. Metode Inkuiri Kompetitif 3
  5. Metode Inkuiri Kompetitif 2
  6. Metode Inkuiri Kompetitif 1
  7. Inovasi Metode Pembelajaran, Jigsaw Kompetitif 3
  8. Inovasi Metode Pembelajaran, Jigsaw Kompetitif 2
  9. Inovasi Metode Pembelajaran, Jigsaw Kompetitif 1
  10. Metode Examples Non Examples dan Kuantum
  11. Metode Jigsaw dan TGT
  12. Metode Debat dan Picture and Picture
  13. Kooperatif Learning
  14. Metode Problem Possing
  15. Metode CTL dan Learning Cycle
  16. Startegi Inkuiri
  17. Metode karya wisata, ekspositori
  18. Metode kerja kelompok, problem solving, drill
  19. Latihan UAS Gasal Indonesia kelas 7 SMP
  20. Modul SMP, Cerita Anak
  21. Modul SMP, Tema Dongeng
  22. Modul SMP, Surat Pribadi
  23. Modul SMP, Membaca Cepat
  24. Modul SMP, Mendengarkan Teks Berita
  25. Modul SMP, Teknik Menceritakan Kembali
  26. Modul SMP, Latihan Soal Bahasa Indonesia kelas 7
  27. Modul SMP, Teknik Bercerita
  28. Modul SMP, Dongeng
  29. Modul SMP, Buku Harian
  30. Modul SMP, Memindai Kamus
  31. Modul SMP, Sinonim dan Antonim
  32. Modul SMP, Mendengarkan Berita
  33. Metode Pembelajaran, Metode Tanya Jawab
  34. Metode Pembelajaran, Metode Tugas dan Resitasi
  35. Metode Pembelajaran, Metode Simulasi
  36. Metode Pembelajaran, Metode Diskusi
  37. Metode Pembelajaran, Metode Demonstrasi
  38. Metode Pembelaran, Metode Ceramah
  39. Metode Pembelajaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar