Selasa, 24 Maret 2015

Modul SMP, Memindai Kamus

Cara Membaca Memindai Kamus

Kamus merupakan buku yang memuat perbendaharaan kata dan makna suatu bahasa tertentu yang idealnya tidak terbatas jumlahnya. Untuk mempercepat menemukan kata yang dicari, terlebih dahulu pembaca harus mempelajari kamus tersebut. Beberapa tahapan yang dapat dilakukan untuk mencari kata dan maknanya dalam kamus dengan teknik membaca memindai adalah sebagai berikut.
a.      Menentukan kata yang akan dicari maknanya.
b.      Mencari kata tersebut dengan langsung membuka halaman pertama yang mengandung huruf awal dari kata yang dicari.
Misalnya, mencari makna kata silogisme. Pembaca langsung membuka halaman pertama yang berhuruf awal s. Untuk memudahkannya, pembaca dapat memanfaatkan pembatas huruf yang ada pada kamus. Setelah itu, pembaca memindai halaman tersebut ke halaman berikutnya sampai menemukan kata silogisme.
c.      Setelah menemukan, lalu membaca dengan teliti makna kata tersebut.

Dalam membaca kamus, pembaca perlu memerhatikan petunjuk berikut.
a.      Memerhatikan ejaan kata tersebut dengan saksama.
b.      Memerhatikan cara pengucapan, panjang pendeknya, dan tekanannya.
c.      Memerhatikan asal usul katanya, biasanya ditulis dalam kurung.
d.      Tidak cepat memilih suatu makna kata karena satu kata kadang mempunyai makna lebih dari satu dan diperinci dengan angka 1, 2, 3.
e.      Memerhatikan contoh kalimat yang dapat memperjelas makna kata yang dicari.
f.       Untuk dapat cepat menemukan makna kata yang dicari, hendaknya memerhatikan petunjuk yang ada pada setiap halama

Latihan
Tuliskan makna kata yang telah kamu temukan dalam kolom berikut ini!

1.      Setelah memahami teknik membaca memindai untuk menemukan makna kata dari kamus, berlatihlah membaca teks wacana di bawah ini!

Dunia Anak
      Suasana muram dan kelabu menyelimuti wajah anak Indonesia. Peristiwa itu terjadi justru pada saat menjelang mereka memperingati hari nasionalnya. Semua digemparkan dengan ditemukannya seorang anak laki-laki yang menjadi korban mutilasi di Jakarta beberapa waktu lalu. Kasus ini menambah ketakutan yang berkepanjangan bagi rakyat.
         Belum juga reda dengan kasus klasik lainnya, kekerasan pada anak masih saja terulang. Kesemuanya menambah kesuraman dunia anak. Dunia anak adalah dunia yang rentan akan tindak kejahatan, bukan saja berasal dari luar, orang-orang yang selama ini dikenalnya pun tak tertutup kemungkinan menjadi benalu bagi diri si anak.
      Maraknya anak terlantar justru dari ketidakmampuan orang tua dalam
merawat. Jika banyak anak terlantar kondisi fisiknya, sudah bukan hal yang istimewa. Akan tetapi yang membuat prihatin, banyak anak terlantar kondisi jiwanya, perasaan, harga diri, dan kemerdekaan untuk menikmati alam kekanakannya dirampas oleh aturan yang memberatkan. Aturan itu, baik yang dibuat oleh sekolah maupun orang tua sendiri. Anak-anak diharuskan mengikuti berbagai macam les hingga nyaris tak ada waktu terbebas dari rutinitas monoton. Tentu semua orang tua ingin yang terbaik untuk anaknya, meski sering anak ditempatkan pada posisi yang dikalahkan.
      Akhirnya, si anak hanya menurut sekalipun pahit karena takut. Hal ini akan fatal akibatnya jika tidak secepat mungkin terkoreksi. Bertumbuh dan berkembang adalah fenomena kehidupan, namun tak boleh menekan anak sekeras mungkin. Anak hendaknya diberi kesempatan untuk menikmati dunianya yang hanya sekali dalam kehidupannya. Terlebih anak adalah seorang peniru yang andal.

2.      Setelah membaca wacana di atas, kata-kata menarik apa yang kamu
         temukan dalam setiap paragrafnya?
3.      Tulislah di bukumu kata-kata menarik tersebut dengan menyalin tabel di bawah ini dan tulislah makna kata-kata tersebut berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar